Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Tugas Pendidikan Resume ( 1 )

PEMBELAJARAN
Pembelajaran ( learning ) adalah perubahan perilaku yang relatif permanen yang dibentuk melalui pengetahuan, dan keterampilan berpikir, yang diperoleh melalui pengalaman. Namun tidak semua perubahan perilaku merupakan hasil dari belajar. Contoh nya seperti perubahan perilaku karena obat-obatan, kelelahan, dan maturasi.
Ada 2 macam pendekatan yang digunakan untuk pembelajaran, yaitu Behavioral dan Kognitif. Dalam pendekatan behavioral, terbagi dua yaitu Pengkondisian Klasik dan Pengkondisian Operan. Sedangkan dalam pendekatan kognitif, di bagi empat yaitu kognitif sosial, pemrosesan informasi kognitif, konstruktivis kognitif, konstruktivis sosial.
-          Pendekatan Behavioral untuk Pembelajaran
Pendekatan behavioral menekankan arti penting dari bagaimana anak membuat hubungan antara pengalaman dan perilaku, yang dibagi menjadi 2 yaitu pendekatan klasik dan operan.
1.      Pengkondisian Klasik
Pengkondisian klasik adalah tipe pembelajaran di mana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimuli. Dalam teori ini, ada dua tipe stimuli dan dua tipe respons, yaitu : Unconditioned Stimulus ( US ), Conditioned Stimulus  ( CS ), dan Unconnditioned Response ( UR ), Conditioned Response ( CR ). Tokoh dari teori pengkondisian klasik ini adalah psikolog rusia bernama Ivan Pavlov.
2.      Pengkondisian Operan
Pengkondisian Operan adalah sebentuk pembelajaran di mana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi. Tokoh dari teori pengkondisian Operan ini adalah B.F. Skinner, dan E.L. Thorndike.
-          Pendekatan Kognitif untuk Pembelajaran
Pendekatan kognitif di bagi menjadi empat pendekatan utama untuk pembelajaran. Yaitu kognitif sosial, pemrosesan informasi kognitif, konstruktivis kognitif, konstruktivis sosial.
1.      Pendekatan kognitif  Sosial
Pendekatan ini menekankan bagaimana faktor perilaku, lingkungan, dan orang ( kognitif ) saling berinteraksi memengaruhi proses pembelajaran. Tokoh dari teori ini adalah Albert Bandura.
2.      Pemrosesan informasi kognitif
Pendekatan ini menitikberatkan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran, dan proses kognitif lainnya.
3.      Konstruktivis kognitif
Pendekatan ini menekankan konstruksi kognitif terhadap pengetahauan dan pengalaman, diperkenalkan oleh Piaget.
4.      Konstruktivis Sosial
Pendekatan ini fokus pada kolaborasi dengan orang lain uontuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman, diperkenalkan oleh Vygotsky.

            Dalam pembelajaran, juga dibahas mengenai Analisis Perilaku Terapan. Analisis Perilaku Terapan adalah penerapan prinsip pengkondisian operan untuk mengubah perilaku manusia. Ada dua pengunaan analisis perilaku yang penting dalam bidang pendidikan, yaitu : Meningkatkan perilaku yang diinginkan, dan mengurangi perilaku yang tidak diharapkan ( Alberto &troutman, 1999 ).
1.  Meningkatkan Perilaku yang Diharapkan
Ada lima strategi pengkondisian operan yang dapat dipakai untuk meningkatkan perilaku anak yang diharapkan, yaitu :
- Memilih penguat yang efektif
- Menjadikan penguat kontingen dan tepat waktu
- Memilih jadwal penguatan terbaik
- Menggunakan perjanjian
- Menggunakan penguatan negatif secara efektif

2.   Mengurangi Perilaku yang Tidak Diharapkan
Paul Alberto dan Anne Troutman ( 1999 ) merekomendasikan bahwa jika guru ingin mengurangi perilaku yang tidak diharapkan, mereka harus menggunakan empat langkah yang dilakukan secara berurutan, yaitu :
- Menggunakan penguatan diferensial
- Menghentikan penguatan ( Pelenyapan )
- Menghilangkan stimuli yang diinginkan
- Menyajikan Stimuli yang tidak disukai


            Murid dapat belajar memilah stimuli atau kejadian melalui penguatan differensial. Dua strategi penguatan diferensial yang tersedia bagi guru adalah Prompt dan Shaping ( Alberto & Troutman, 1999 ). Prompt ( dorongan ) adalah stimulus tambahan atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum respons dan meningkatkan kemungkinan respons itu akan terjadi. Sedangkan Shaping adalah mengajari perilaku baru dengan memperkuat perilaku yang mirip dengan perilaku sasaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news