Pages

Kamis, 01 Desember 2016

Apa itu teknik Finger Style dalam bermain gitar?

Apa sih Teknik Finger Style itu???

Finger Style itu adalah sebuah teknik bermain gitar yaitu dengan memetik secara langsung senar-senar gitar menggunakan ujung jari, kuku, atau pun pick (fingerpick) yang di pasang pada jari-jari kanan ( pada jari kiri bila bermain secara kidal ) . Finger Style ini merupakan teknik yang cukup sulit, karena saat kita memainkan teknik ini,semua jari-jari di tangan kita yang ada di tangan kiri maupun di tangan kanan, akan digunakan. Itu lah titik kesulitan teknik ini. Karena harus mensinkronkan tangan kiri dan tangan kanan kita. Agar senar yang dipetik bisa menghasilkan suara yang bagus.
Sekarang ini teknik Finger Style sudah cukup populer di kalangan gitaris-gitaris. Bahkan sudah cukup banyak komunitas-komunitas gitar yang mengkhususkan membahas atau mempelajari tentang teknik Finger Style ini.

Di dalam Finger Style, terdapat 5 teknik yang biasa nya diketahui oleh gitaris-gitaris yang memainkan Finger Style. Yaitu :
1. Travis picking

teknik ini dimainkan dengan cara mengutamakan harmonisasi antara permainan senar Bass dengan ketukan rythm lagu.
2. Ragtime guitar

teknik ini meniru dari permainan teknik dipiano.
3. Percussive fingerstyle
adalah teknik fingerstyle gitar yang dimainkan dengan cara memukul beberapa bagian dari gitar sehingga menghasilan seperti suara perkusi. bagian gitar yang sering digunakan pada teknik ini yaitu depan body gitar, neck gitar dan bagian bawah body tepat dibawah neck gitar.
4. Folk baroque
teknik gitar ini tidak jauh berbeda dengan beberapa teknik diatas, hanya saja teknik ini lebih mengutamakan harmonisasi dari permain melody lagu.
5. Slackkey guitar
adalah teknik gitar dimana setelan atau tuning dari senar gitar sengaja diturunkan.

Ini lah sedikit pengenalan Mengenai Finger Style... :)
Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Finger Style,akan saya lanjut kan di postingan saya berikut nya... :)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news